Pidato Tentang Bahasa Menunjukkan Bangsa

Pidato Tentang Bahasa Menunjukkan Bangsa — Jati diri atau yang lazim juga disebut identitas merupakan ciri khas yang menandai seseorang, sekelompok orang, atau suatu bangsa. Jika ciri khas itu menjadi milik bersama suatu bangsa, hal itu tentu menjadi penanda jati diri bangsa tersebut. Seperti halnya bangsa lain, bangsa Indonesia juga memiliki jati diri yang membedakannya dari bangsa yang lain di dunia. Jati diri itu sekaligus juga menunjukkan keberadaan bangsa Indonesia di antara bangsa lain. Salah satu simbol jati diri bangsa Indonesia itu adalah bahasa, dalam hal ini tentu bahasa Indonesia. Hal itu sejalan dengan semboyan yang selama ini kita kenal, yaitu “bahasa menunjukkan bangsa”.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Ibu epidato.com sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Serta teman-teman sekalian yang berbahagia.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. karena rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di siang hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW. beserta keluarga dan para sahabatnya hingga akhir zaman.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato mengenai “Bahasa Menunjukkan Jati Diri Bangsa”. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar. Bangsa yang terbentuk dari beraneka ragam suku dan budaya. Dari keanekaragaman tersebut terciptalah jati diri yang membedakannya dari bangsa lain di dunia. Salah satu simbol jati diri bangsa Indonesia adalah bahasa, yang tak lain adalah Bahasa Indonesia. Seperti kutipan yang mengatakan “Bahasa Itu Menunjukkan Bangsa”. Kutipan tersebut menjelaskan bahwa cara masyarakat menggunakan bahasa menunjukkan cara berfikir mereka. Mengapa demikian? Karena bahasa merupakan hasil dari sebuah pemikiran.

Hadirin sekalian

Dalam era global seperti sekarang, jati diri suatu bangsa menjadi hal yang penting untuk dipertahankan agar bangsa kita tetap dapat menunjukkan keberadaannya diantara bangsa lain di dunia. Namun permasalahannya saat ini adalah masyarakat Indonesia seringkali menggunakan bahasa tidak pada tempatnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain pengaruh globalisasi yang telah menyentuh semua aspek kehidupan hingga aspek bahasa. Banyak diantara kita yang menggabungkan Bahasa Indonesia dengan bahasa asing dalam berkomunikasi sehari-hari. Sehingga menyebabkan bahasa kehilangan identitasnya yang orisinil. Berikutnya yaitu sikap tak acuh dalam berbahasa Indonesia dan penggunaan bahasa asal nyambung. Sebagian orang beralasan menggunakan bahasa ‘nyeleneh’ karena sebagai alat komunikasi, bahasa tidak perlu dipersulit penggunaannya. Hal tersebut mencerminkan sifat malas berpikir masyarakat Indonesia dalam mencari kata-kata yang benar. Dan lebih cenderung mengikuti bahasa yang pasaran.

Maka dari itu mulai sekarang kita semua sebagai generasi penerus bangsa harus melestarikan dan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar guna membangun karakter dan jati diri bangsa. Seperti menanamkan sikap positif berbahasa yang akan membentuk karakter berbudi luhur.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan. Saya mohon maaf jika terdapat perkataan yang kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikianlah contoh pidato singkat mengenai Pidato Tentang Bahasa Menunjukkan Bangsa untuk dijadikan bahan referensi pada tulisan anda. Semoga Contoh teks pidato diatas bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah mengunjungi situs epidato.com